Sabtu, 21 Desember 2013

Timnas U-23 Kembali Raih Perak Di Final Sea Games

Timnas Indonesia U-23 kembali harus puas menjadi perak alias runner up. Kepastian ini setelah Kurnia Meiga dkk kalah 0-1 dari Thailand U-23 dalam Final SEA Games 2013, Sabtu (21/12) malam di Stadion Zayyarthiri, Naypyitaw.

Gol tunggal Sarawut Masuk di menit 21 membawa negeri Gajah Putih meraih emas.

Dari menit pertama kedua tim memulai pertandingan dengan tempo sedang serta cenderung hati-hati. Tendangan keras Pokkhao A Nandari luar kotak penalti pada menit 8 masih bisa ditepis Kurnia Meiga.

Pada menit ke-12, giliran Indonesia memperoleh peluang lewat Ramdani Lestaluhu, sayang tendangannya dari luar kotak penalti bisa dihalau kiper Thailand, Kawin Thammasatchanan. Thailand kembali mendapat kesempatan, kali ini tendangan Adisak Kraisorn pada menit ke-19 masih ditangkap Kurnia Meiga.

Thailand akhirnya memimpin 1-0 atas Indonesia pada menit ke-21 setelah tendangan chip Sarawut Masuk memperdaya Kurnia Meiga. Negeri Gajah Putih ini juga lagi-lagi memperoleh peluang pada menit ke-31 lewat Pokkhao A Nan, sayang bola masih melambung.

Garuda Muda sendiri tampak kesulitan menembus pertahanan Thailand, beberapa kali para pemain belakang tim asuhan Kiatisuk Senamuang berhasil menghalau aliran bola Indonesia ke lini depan. Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 tak berubah.

Di babak kedua, Indonesia mencoba tampil lebih menyerang. Mereka terlihat ngotot menyamakan kedudukan, sementara Thailand sendiri lebih banyak menunggu untuk melakukan serangan balik.

Indonesia baru mendapat peluang pada menit ke-60 lewat tendangan bebas Andri Ibo, sayang bola masih membentur pagar betis. Peluang emas didapat Indonesia pada menit ke-75, ketika Fandi Eko Utomo melepaskan umpang silang dari sisi kanan pertahanan Thailand, Ramdani Lestaluhu nyaris kehilangan meski kemudian melepaskan tendangan yang masih diblok pemain belakang Negeri Gajah Putih.

Serangan demi serangan terus dilakukan oleh para pemain Indonesia, bahkan Yohanes Pahabol dan Dendi Santoso dimasukkan pelatih Rahmad Darmawan untuk menggedor pertahanan Thailand. Pada menit ke-86, Dendi memberi bola kepada Pahabol yang berada di depan gawang, sayang bola terlepas dari pemain berbadan mungil itu.

Pahabol kembali memperoleh peluang lewat sepakannya dari luar kotak penalti pada menit ke-90, tapi bola masih melambung. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir, skor tak berubah, Thailand pun menang 1-0 dan meraih emas.

Pada SEA Games 2011 lalu, Garuda Muda juga harus puas meraih medali perak usai kalah adu penalti dari Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar