Sabtu, 05 Juli 2014

Saat Belum Gajian Tertolong Bisnis Laundry

Bisnis : Ucok dengan cucian (foto:sidiq)
BEBERAPA kali penulis membuat janjian dengan Agustiar ‘Batubara. Namun, selama itu pula, janjian tersebut urung terlaksana.

 Dari penulis yang kebetulan ada pekerjaan hingga Ucok sendiri yang mengajak anak-aanaknya jalan-jalan.
Bagi penulis, lelaki kelahiran 20 Agustus 1978 tersebut bukan orang asing. Sejak 2001, penulis sudah sering berjumpa dan bermain ke rumah Ucok yang saat itu masih tinggal di Pondok Jati, Sidoarjo.
 Akhirnya, pada Kamis (3/7/2014), penulis pun berangkat ke rumah Ucok yang sekarang ditempati di kawasan Wonokitri, Surabaya.

 Dengan petunjuk terbaru yang diberikan, perlahan sepeda motor yang penulis naiki mencari rumah pemain yang sukses mengantarkan Jawa Timur meraih emas cabang olahraga sepak bola pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2000 tersebut. Akhirnya, ketemu juga dengan rumah yang di depannya bertuliskan ‘’Laundry Sakinah’’.

 Dengan memakai sarung dan baju gamis, Ucok keluar dari rumah dan mempersilahkan masuk.
 Rumah Ucok memang sudah berubah. Mobil jenis minibus yang biasanya diparkir di depan rumahnya, sudah tak ada.
 ‘’Saya jual untuk mengembangkan bisnis laundry. Daripada jarang ke pakai, mending dijual saja,’’ terang Ucok.
 Ternyata, sejak 2013, bapak dua anak ini serius menekuni bisnis cuci dan setrika baju tersebut. Tepatnya, sejak Mei tahun lalu.

 ‘’Tahun lalu, saya menganggur karena tidak dapat klub. Saya dan istri pun mulai memikirkan bisnis apa yang cocok,’’ ucap suami Kurnia Meidiana tersebut.
 Akhirnya, mereka pun meminta saran kepada orang tua. Ibu Ucok menyarankan agar anaknya terjun ke bisnis laundry yang punya prospek.
 ‘’Dua bulan awal masih sepi. Tapi, saya dan istri tidak mau menyerah,’’ ungkap pemain yang juga sukses mengantarkan Barito Putera promosi ke ISL pada musim 2012 tersebut.

 Berbagai strategi pun disusun. Mulai dari penyebar brosur hingga layanan anatarjemput cucian dilakukan.
 Ternyata, kiat ini mulai membuahkan hasil. Pelanggan pun semakin hari semakin bertambah.
 ‘’Sekarang, sehari bisa 100 kilo. Kalau ramai bisa 200 hingga 300 kilo,’’ papar ayah Nadya Sukma Batubara dan Naufal Afzal Batubara tersebut.

 Ternyata, dari bisnis laundry tersebut menjadi penopang kehidupan lelaki 36 tahun tersebut. Apalagi, di klubnya sekarang, Persipur Purwodadi, dia dua bulan tidak gajian.

 ‘’Alhamdulillah, laundry nya ramai. Nggak kebayang dulu kalau gak ada laundry saat tidak gajian di Persipur,’’ lanjut Ucok yang juga menjadi kapten saat Gresik United menembus ISL 2011.
 Persipura merupakan klub kesekian baginya. Berawal dari Putra Gelora, klub anggota internal Persebaya Surabaya, Ucok direkrut Gelora Dewata pada 1998. Kedua klub tersebut sama-sama menjadi milik H Mislan. Hanya, sebelum itu, meski sebentar, Ucok pernah menghiasi skuad Persebaya Surabaya pada 1997-1998.

 Saat Gelora Dewata pindah ke Sidoarjo pada 2000 dan berganti nama menjadi Gelora Putra Delta (GPD) dan Delta Putra Sidoarjo (Deltras), Ucok tetap menjadi pilar utama di belakang hingga musim 2004.
 Namun, ajakan Jaya Hartono ke Persiba Balikpapan, membuat Ucok pun meninggalkan Deltras pada 2005. Selama semusim di Kota Minyak, julukan Balikpapan, dia kembali ke The Lobster, julukan Deltras. Saat itu, dia juga diajak Jaya kembali.

 Namun, setelah itu, Ucok berpindah-pindah ke satu klub ke klub lain. Pelita Jaya, Persela Lamongan, dan Gresik United, dan Barito Putera menjadi pelabuhan karirnya.Di antara semua itu, dia mengukir sukses dengan mengantarkan Gresik United dan Barito Putera promosi ke ISL.

 Di saat usia yang bertambah uzur dan bisnis Laundry yang berkembang, Ucok belum memutuskan kapan pensiun. Meski sebenarnya, jalan menjadi pelatih juga mulai dirintis.  Dengan lisensi C Nasional, Ucok dipercaya menangani sebuah tim kesatuan Angkatan Darat yang tidak jauh dari rumahnya.
 ‘’Saya bersyukur dengan apa yang saya alami sekarang,’’ pungkas Ucok. (*)

Sekilas tentang
Nama: Agustiar ‘’Ucok’’ Batubara
Lahir: 20 Agustus 1978
Istri: Kurnia Meidiana
Anak: Nadya Sukma Batubara dan Naufal Afzal Batubara
Tinggal: Surabaya

Karir:
1994-1996: Persebaya Junior
1997-1998: Persebaya
1998-2004: GELORA DEWATA, GPD, DELTRAS
2004-2005: Persiba Balikpapan
2006-2007: DELTRAS
2007-2008: Pelita Jaya
2008-2009: Persela Lamongan
2009-2010: Pelita Jaya
2010-2011: Gresik United
2011-2012: Barito Putra
2014-: Persipur Purwodadi

sumber - http://pinggirlapangan.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar