Selasa, 21 Oktober 2014

Gelora Delta Yang Haus Euforia Lokal

Gelora Delta Sidoarjo
DELTACYBER - Gelora Delta menjadi salah satu stadion yang cukup mumpuni di Jawa Timur bahkan Nasional . Stadion yang menjadi tempat pembukaan dan penutupan PON XV (Pekan Olahraga Nasional) 2000 saat ini menjadi markas untuk dua tim sekota yang berlaga Divisi Utama yakni Deltras serta Persida musim kemarin.

Stadion yang memiliki kapasitas 35.000 penonton tersebut bahkan pernah menjadi saksi bisu  laga-laga  penting yang dimainkan di Sidoarjo, seperti Final Copa Dji Sam Soe 2006 Arema vs Persipura, 8 Besar Divisi Utama 2010, serta bahkan menjadi saksi Timnas U-19 mengangkat Trofi Juara Piala AFF U-19 2013 .

Beberapa waktu lalu, Gelora Delta dipercaya menggelar laga Uji Coba Internasional Timnas Senior melawan Malaysia (14/09), laga yang syarat gengsi dua negara serumpun ini didatangi ribuan penonton yang memadati Gelora Delta yang bahkan susah di jumpai saat laga-laga tim lokal Sidoarjo digelar musim-musim kemarin atau juga musim yang akan datang . Alfred Riedl pun memuji atmosfer penonton yang disuguhkan di laga itu. Ya, Gelora Delta menjadi magnet tersendiri bagi penonton dan penggilan bola Sidoarjo serta sekitarnya untuk menyaksikkan Big Match Timnas Indonesia beberapa bulan lalu .

Dan hampir mustahil ribuan penonton menyesakki Gelora Delta saat tim lokal mereka bertandingan. Sekitar 3/5 tahun yang lalu, Deltras menjadi tim medioker yang tak bisa dianggap sebelah mata, ribuan Deltamania dan penggila bola datang untuk melihat tim merah-merah ini bertanding. Bisa dilihat saat laga ISL 2011, Deltras melawan Persib Bandung atau Arema Indonesia . Seakan ribuan Deltamania serta suporter tamu memadati tribun masing-masing atau saat Deltras berjaya di tahun 2003 dan 2007 Divisi Utama LI .

Deltamania, saat memadati Gelora Delta
Mitos Deltamania
Namun, Mitos yang beredar di kalangan Deltamania, saat 4/5 tahun silam apabila The Lobster bermain dan Deltamania bisa memenuhi tribun Gelora Delta, disaat itu juga tim Deltras seakan hilang permainan cantiknya atau para pemain Deltras ini bisa dibilang grogi ditonton ribuan Deltamania yang datang . Itu terjadi sekitar 4/5 tahun lalu .
Sekarang, bukan masalah banyak atau tidaknya penonton, namun terlebih pada tim The Lobster sendiri yang mengalami berbagai problem manajemen dan penurunan performa .

Persida Dengan Gelora Deltanya 
Di laga kandang Persida sendiri di Divisi Utama 2014, tim yang baru saja promosi ini bahkan hanya disaksikan ratusan penonton  yang hadir. Minat warga kota udang untuk datang sepertinya belum ada, walau Persida dihuni pemain-pemain yang syarat pengalaman .

Ya, bisa dikatakan Gelora Delta kehilangan daya tarik lokal seiring menurunnya prestasi tim lokalnya . Apalagi, Deltras dan Persida di kompetisi Divisi Utama kemarin nyaris sama-sama Degradasi dan harus saling jegal untuk memperebutkan peringkat ke-6 Grup 6 .

Kontras saat Deltras mengalami masa jaya saat tahun 2000-an hingga 2013 lalu . Laga Big Match / laga penentuan Deltras dengan tim lawan tentu menyedot animo penonton dengan jumlah ribuan yang datang . Euforia untuk merayakan sebuah gol, atau sekedar menunjukkan atraksi Mexico Wave ( Ombak Penonton ), teriakan yang menurunkan mental lawan, bahkan emosi penonton yang melempar botol ke lapangan . Gelora Delta hanya saksi bisu akan kejayaan dipadati penonton saat Deltras berlaga dan gemilangnya Timnas U-19 di Sidoarjo menjadi memory yang tidak bisa dilupakan begitu saja .

Lalu, untuk mewujudkan kembalinya itu semua tentu harus dimulai seperti dari awal . Step by step, dengan perlahan dan dibarengi dengan tujuan yang untuk membangkitkan euforia tim lokal kota udang di ajang Nasional .Keserisan manajemen harus tetap dipertanyakan dan dipantau. Deltras tentu harus tetap diperjuangkan walau kasta mereka musim depan berada di Liga Nusantara, tidak ada yang tidak mungkin, perjalanan untuk menjadi besar itu masih terbuka lebar.

Gelora Delta pun rindu akan penonton yang berbaju merah-merah memadati setiap tribunnya, Gelora Delta rindu akan suara MC yang memanggil nama pemain Deltras dan disahuti oleh Deltamania. Semoga harapan untuk menjadi besar kembali tidak pernah hilang .(bid)

0 komentar:

Posting Komentar