Senin, 09 Maret 2015

Selain ISL, PSSI Fokus Ke Tiga Kompetisi Lain


Jelang bergulirnya kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015 pada 4 April mendatang, saat ini PSSI dan LIGA Indonesia sedang memaksimalkan waktu untuk segala persiapan.

Tak hanya ISL saja yang menjadi fokus federasi sepak bola Indonesia ini, kompetisi Divisi Utama, Liga Nusantara dan Piala Indonesia juga mendapat perhatian khusus.

"Perkembangan jelang kick off ISL masih normal. Kita ingin maksimalkan waktu sampe kick off. LIGA ada pekerjaan persiapan semuanya termasuk komunikasi terus  dengan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Yang hasilnya nanti kita beritahu ke teman-teman klub," kata Sekjen PSSI, Joko Driyono, Senin (9/3).

"Untuk tim-tim ISL 2015 kami lihat juga terus mematangkan permainan dengan menggelar Turnamen Pra Musim dan beberapa ujicoba. Selain itu juga klub melakukan finalisasi perekrutan pemain," tambah Joko.

Pria yang juga CEO LIGA Indonesia ini mengaku PSSI juga tengah fokus ke 3 kompetisi lainnya yakni Divisi Utama, Liga Nusantara, dan Piala Indonesia. "Pertama pada akhir Maret mendatang kami akan mengundang seluruh tim Divisi Utama untuk berbicara soal jadwal, proyeksi, sistem Grup dll," ungkap Joko.

"Kedua, Liga Nusantara yang akan menjadi ujung tombaknya adalah teman-teman di tiap Asosiasi Provinsi (Asprov). Di musim 2015 ini kita memakai administrasi dengan IT Sistem. Dengan harapan semua berjalan lancar serta akan dibantu oleh 39 hingga 45 volunteer yang kita tempatkan untuk seluruh Asprov," bebernya

Sedangkan untuk Piala Indonesia (PI), Joko mengatakan saat ini  dalam tahap Finalisasi. "Simulasi kita PI ending semifinal-final setelah kompetisi ISL sekitar bulan November. Dengan peserta dari tim ISL, Divisi Utama, dan Piala Nusantara. Kita ingin sosialisasikan pada akhir Maret ini. Format dan sistem terus kita godok. Perkiraan kick off PI antara April atau Mei. Soal peserta ada opsi 76 atau 56 klub. Namun format 56 menjadi opsi kuat.  Format home&away setelah masuk ke babak 8 besar. Sebelumnya kita akan memainkan sistem satu kali pertemuan saja," urai Joko.

Pria asal Ngawsi ini juga membeberkan Jadwal ISL putaran kedua bisa saja terkoreksi. "Untuk jadwal putaran pertama oke serta tidak ada masalah. Namun putaran Kedua, berpotensi terkoreksi karena banyak pertimbangan seperti laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan adanya FIFA Match Day. Karena kita lolos ke babak kedua di Kualifikasi Piala Dunia 2018, kita belum tahu pembagian grupnya. Info grouping nantinya akan dilakukan AFC lalu kita diberitahu. Pekan-pekan ini kan sedang berlangsung babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2018," tukas Joko.

0 komentar:

Posting Komentar