Minggu, 12 Juli 2015

Deltras Tak Jodoh Dengan Pemain Asing Asia ?

Duo Korsel : Shin Hyun Joon (kiri) dan Park Chan Young (kanan)

DELTACYBER - Bila kita tengok kebelakang, Deltras Sidoarjo selalu mengandalkan para pemain asing yang berasal dari negara-negara Amerika latin, seperti Brazil, Argentina, Chile, Paraguay. Beberapa pemain asing asal negeri samba Brazil yang menjadi andalan bersama The Lobster serta menjadi pemain kunci, seperti striker Hilton Moreira, Michael Adolfo, Fabio Marcos, Marcio Souza, gelandang Leandro Braga atau Danilo Fernando.

Selain Brazil, Deltras juga sukses mendatangkan duo Argentina ke Bumi Delta. Claudio Pronetto dan Jose Sebastian Vasquez berhasil menyihir penikmat sepakbola sidoarjo dengan permainan apik mereka di lini tengah Deltras, serta mampu mengangkat performa tim.

Juan Rubio menjadi pemain asal Chile yang pernah memakai jersey GPD (Gelora Putra Delta). Rubio menjadi pemain asing penting pada saat ia membela GPD. Dari Paraguay, Christian Rene Martinez juga jadi andalan Deltras di kompetisi Divisi Utama 2007 dan ISL 2008. Rene Martinez, dianggap sosok penting di lini belakang Deltras.

Namun, dari deretan para pemain asing yang bermain apik dengan Deltras, tidak untuk para pemain asing asal benua Asia. Ya, selain Deltras langganan merekrut pemain asing asal benua Amerika Latin, beberapa tahun lalu, The Lobster juga mengikat kontrak dengan pemain asing Asia, yakni Park Chan Young dan Shin Hyun Joon, keduanya berasal dari negara yang sama Korea Selatan, mereka juga berposisi sebagai gelandang.

Park Chan Young lebih dulu bergabung dengan Deltras di ISL musim 2010/11. Park menjadi rekrutan pemain asing Asia Deltras di musim tersebut. Mengikuti seleksi sebelum melakoni ISL 2012, pelatih kepala Deltras pada saat itu, Mustaqim tertarik dengan permainan Park di lini tengah. Alhasil Park direkrut The Lobster bersama pemain asing lainnya macam Danilo Fernando, Christiano Lopez, Marcio Souza, dan Steve Hesket.

Namun, digadang-gadang mampu mengimbangi lini tengah Deltras, bersama gelandang serang asal Brazil macam Danilo Fernando, serta gelandang lokal macam FAS sebutan Ferry Aman Saragih dan Khoirul Mashuda, Park Chan Young belum bisa memberi kontribusi besar bagi tim.

Pemain kelahiran 01 Januari 1990 itu, bermain di kompetisi tak seperti diharapkan. Ia hanya mencetak satu gol saja dan mengantongi 4 kartu kuning, selama putaran pertama Deltras. Akhirnya, gelandang korsel ini harus didepak dari skuad Deltras.

Selain Park Chan Young, The Lobster juga pernah merekrut gelandang korsel lainnya, ialah Shin Hyun Joon. Shin bermain untuk Deltras di ISL musim 2011/12. Di musim sebelumnya, Shin Hyun Joon memperkuat Psps Pekanbaru. Performa apiknya selama berjersey Psps membuat manajemen Deltras kepincut dengan aksi Shin di lini tengah. Sebagai gelandang serang, tentu Shin diharapkan menjadi penyuplai bola untuk para striker.

Bermain bersama Deltras, Shin Hyun Joon bahu membahu dengan para pemain asing lainnya seperti Sean Daniel Rooney, Amos Marah, Mijo Dadic, dan Walter Brizuela. Sempat menjadi pemain man of the match pilihan Deltamania di beberapa pertandingan awal Deltras, dan mencetak gol saat Deltras berhadapan dengan Arema Indonesia di laga kandang, membuat nama Shin mencuat di kalangan suporter. Apalagi, performa Walter Brizuela pada saat itu cukup buruk dan tidak mengimbangi permainan apik Shin di Lini Tengah.

Namun, seiring performa tim dan track Deltras yang terus menurun hingga di laga-laga penghujung putaran pertama usai, Shin Hyun Joon juga tak memberi penampilan apiknya seperti di laga-laga awal sebelumnya. Banyak kalangan, performa Shin tidak bisa berkembang lantaran para pemain asing macam Walter Brizuela dan Amos Marah bermain buruk di putaran pertama. Namun, keputusan manajemen Deltras untuk mencoret Shin Hyun Joon sudah bulat. Mantan pemain Psps Pekanbaru dan Psm Makassar itu harus angkat koper dari skuad Deltras. Suporter setia Deltras, Deltamania juga menyayangkan keputusan manajemen untuk mendepak Shin Hyun Joon.

Kedua pemain itu, baik Park Chan Young dan Shin Hyun Joon, sama-sama memperkuat Deltras Sidoarjo setengah musim saja, tepatnya hanya membela di putaran pertama. Park maupun Shin dianggap belum bisa mengangkat permainan lini tengah Deltras. Kedua pemain Korea Selatan ini juga masing-masing hanya mencetak satu gol bersama Deltras.

Ya, beberapa tahun silam, saat Deltras menggunakan pemain asing, The Lobster kerap kali menggunakan jasa pemain asing yang berasal dari Amerika Latin. Dan terbukti, deretan pemain asing asal Amerika Latin mampu memberi performa apik. Lain halnya dengan pemain asing Asia, Park Chan Young dan Shin Hyun Joon mungkin belum bisa menyatu dengan skuad Deltras pada jaman mereka masing-masing.

Dan memang, dua kali menggunakan pemain asing Asia, dua kali juga The Lobster mendepak mereka berdua di separuh jalan kompetisi. (bid)


Data Diri :
Nama : Park Chan Young
Lahir : 01-01-1990
Negara Asal : Korea Selatan
Nomor Punggung (Bermain Untuk Deltras) : 08
Gol : 01
Kartu Kuning : 04



Data Diri :
Nama : Shin Hyun Joon
Lahir : 09-04-1983
Negara Asal : Korea Selatan
Nomor Punggung (Bermain Untuk Deltras) : 08
Gol : 01
Kartu Kuning : -

Baca Juga =
Tiga Laga Uji Coba Terakhir, Lini Belakang Jadi Sorotan
Anang Ma'ruf, Memulai Hidup dari Nol Lagi
Rindu Lihat Deltras Hadapi Tim Tangguh
Walau Laga Uji Coba, Deltamania Tetap Berikan Dukungan

0 komentar:

Posting Komentar