Jumat, 04 September 2015

Anang Ma'ruf, Memulai Hidup dari Nol Lagi


Anang Ma'ruf jadi perbincangan insan sepak bola nasional. Bukan karena skillnya yang memang terkenal tinggi. Tapi, ini dipicu keputusannya menjadi sopir ojek.
--
NADA suaranya sempat melemah. Matanya pun juga berair.

Tampaknya ada sebuah beban hidup yang disimpan oleh seorang Anang Ma'ruf saat ditemui di Lapangan Simo, Surabaya, pada Rabu (1/9/2015).  Ini sebuah hal yang belum pernah ditemui oleh salah satu bek kanan terbaik yang pernah dimiliki Indonesia tersebut.

''Saya memulai hidup dari nol lagi. Saya pun tak akan menoleh ke belakang,'' kata Anang.

Ya, dia mengaku bahwa kehidupannya tengah berada di bawah. Uang tabungannya hasil bermain bola selama 21 tahun ludes.

Investasi yang dilakukan di Bali gagal total. Salah seorang kerabat yang dipercayainya tak mampu menjalankan dengan baik.

''Tidak usah disebutkan investasinya apa. Saya tak mau mengenang dan bercerita soal itu,'' terang lelaki 39 tahun tersebut.

Bahkan, untuk bisa memenuhi kebutuhan agar asap dapurnya mengepul, Anang rela melamar menjadi sopir gojek, ojek via online. Nah, saat melamar itu, ada seseorang yang berpose dengannya dan membuat gempar jagad sepak bola nasional.

Anang yang sangat melegenda di sepak bola Indonesia dan juga di Persebaya Surabaya menjadi sopir ojek. Sebuah profesi yang tentu tak pernah terbayangkan.

''Memang, saya sudah diterima jadi sopir ojek. Mengapa saya harus malu?,'' ujar pemain yang pernah digembleng di Italia dalam proyek PSSI Primavera tersebut.

Dia tak mau nama besarnya membelenggu kehidupannya. Sebab, itu akan membuat anak dan istrinya bakal tak bisa makan.

Apalagi, sejak 2003, Anang menjadi satu-satunya pencari nafkah bagi keluarga.Sang istri, Neni Mardiana, disuruhnya keluar dari pekerjaannya di PJKA.

''Hidup saya saat kecil juga susah. Kondisi seperti ini pernah saya alami saat kecil jadi nggak kaget,'' lanjut pesepak bola yang membawa Persebaya Surabaya juara Liga Indonesia 1996/1997 dan 2004/2005 serta Persija Jakarta 2000/2001 itu.

sumber - www.pinggirlapangan.com

0 komentar:

Posting Komentar