Rabu, 20 April 2016

Kompetisi Tanpa Promosi Dan Degradasi, Kompetisi Atau Turnamen ?

Djoko Driyono : Tetap jadi Diretktu operator Liga
DELTACYBER - Torabika Soccer Championship A akan segera bergulir pada 29 april 2016 esok. Kompetisi teratas liga indonesia itu diikuti 18 tim. Operator baru yang menaungi ISC (A) dan ISC (B) 2016 ini adalah PT.GTS (PT. Gelora Trisula Semesta), dan Djoko Driyono yang tetap menjadi direktur GTS, sekaligus mantan direktur PT.Liga Indonesia.

ISC A rencananya akan melakukan laga opening ceremony di kota Jayapura, dalam pertandingan pertama Persipura menghadapi Persija Jakarta (29/04). Setelah ISC A launching kemarin (18/04), ISC B yang merupakan kompetisi kasta kedua alias Divisi Utama juga menyusul membahas pembagian grup serta jadwal kick offnya.

Rencananya sistem awal ISC A dan B ini berjalan tanpa promosi ataupun degradasi, seperti yang dikemukakan oleh operator ISC, yakni PT.Gelora Trisula Semesta. Ini tentu menjadi kerugian bagi tim yang sudah berjuang selama setahun tetapi tidak mendapat reward dan tim yang lemah didasar klasemen tidak mendapat hukuman dengan turun kasta. Bagi tim ISC B sudah jelas bahwa tahun ini mereka tidak bisa promosi ke ISC A, dan klub penghuni dasar klasemen ISC A tidak terjun bebas ke ISC B.

Kompetisi atau turnamen ?. Ya, karena sejatinya sebuah kompetisi harus ada penghargaan bagi para klub yang berjuang meraih juara, harus bisa promosi atau klub yang lemah harus berbesar hati degradasi ke kasta dibawahnya. Ini, bisa dibilang bukan sebuah kompetisi, tetapi hanya sebuah turnamen jangka panjang tanpa tujuan dan target apapun.

Namun, dibalik semua itu, ada sercecah harapan bagi para pemain. Kontrak kepada tim, dan kembali bernafasnya roda sepakbola indonesia, bisa membuat sedikit para pelaku sepakbola bisa sedikit gembira.
Sementara ISC A dan ISC B sudah menemui titik terang soal kick off dan lain sebagainya.

Kompetisi yang berada di bawahnya seakan belum digubrik oleh PSSI ataupun Kemenpora. Liga Nusantara yang menjadi kompetisi amatir bagi tim-tim amatir, dan Piala Suratin untuk kompetisi pembinaan usia muda, juga belum mendapat kejelasan.

Tentu, bila kompetisi musim depan tanpa promosi ataupun degradasi, jelas membuat kerugian besar bagi tim Deltras Sidoarjo sendiri. Pasalnya, klub kota Delta ini, sebelumnya sudah menargetkan untuk promosi ke Divisi Utama atau ISC B musim depannya, serta menyiapkan tim sudah sangat lama.
Namun, untuk informasi apakah Liga Nusantara juga tanpa promosi, belum ada kejelasan lebih lanjut.

Salah satu wartawan senior Jawapos, yakni Ali Mahrus berkomentar soal ISC tersebut.
"Semua sistem yang saat ini coba dijalankan otomatis akan langsung berubah, jika pembekuan terhadap PSSI dicabut segera," Ujarnya. (bid)


Baca Juga =
Cak Sabar, Kitman Deltras Sejak 2001
Tuah Jersey Away Deltras !
Anang Ma'ruf, Memulai Hidup dari Nol Lagi
Rindu Lihat Deltras Hadapi Tim Tangguh
Deltamania Juga Peduli Lingkungan
Gallery Foto Aksi Deltamania, Deltras vs Psid (20/02/2016)
Marwal Iskandar, Kenang Saat Ia Berjersey Deltras
Mat Halil : Target Kami Promosi Divisi Utama
Mat Halil Resmi Berseragam The Lobster

0 komentar:

Posting Komentar