Senin, 13 November 2017

Mengenal Venue Babak Nasional

Lapangan stadion Citarum Semarang

DELTACYBER - Babak nasional Liga 3 bulan Desember mendatang bakal digelar di provinsi Jawa Tengah. PSSI sudah resmi menunjuk Asprov PSSI Jawa Tengah sebagai tuan rumah untuk mempersiapkan babak play off serta babak 32 besar nasional.

Empat stadion pun juga sudah ditunjuk PSSI untuk menggelar pertandingan play off dan babak nasional. Empat stadion tersebut yakni stadion Citarum Semarang, stadion Gelora Bumi Kartini Jepara, stadion Kebondalem Kendal, dan stadion Wergu Wetan Kudus.

Empat stadion dengan empat kota yang berbeda di Jawa Tengah. Dari keempat stadion tersebut hanya stadion Gelora Bumi Kartini dan stadion Citarum Semarang yang menjadi homebase tim Liga 2 yakni Persijap Jepara di Gelora Bumi Kartini Jepara dan Sragen United yang harus meminjam stadion Citarum Semarang.

Sedangkan stadion Kebondalem Kendal menjadi markas tim juara Liga 3 regional Jawa Tengah yakni Persik Kendal. Dan stadion Wergu Wetan kudus kandang dari Persiku Kudus yang musim ini juga mengikuti Liga 3 regional Jawa Tengah namun tak lolos ke putaran nasional.

Untuk mengetahui tentang keempat stadion tersebut, berikut beberapa informasi terkait :

Stadion Citarum Semarang :
Stadion Citarum yang berada di pusat kota Semarang tersebut, sekaligus menjadi kantor dari Asprov PSSI Jawa Tengah. Musim ini stadion yang berkapasitas 5.000 penonton itu digunakan oleh tim Liga 2 yakni Sragen United. Juga beberapa saat lalu tim tuan rumah PSIS Semarang memakai Citarum kala menjamu Persita Tangerang pada babak 16 besar, mengingat stadion Jatidiri semarang masih direnovasi.

Namun, lapangan menjadi problem utama bagi Citarum. Bahkan pelatih PSIS, Subangkit mengomentari lapangan yang tidak rata dan gundul di beberapa sisinya. Dengan kondisi tersebut, jelas bakal menyulitkan tim yang bertanding, dengan permainan bola-bola pendek.

Laga PSIS vs Persita [foto : Antara Jateng]
Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara :
Stadion Gelora Bumi Kartini di kabupaten Jepara bisa dibilang menjadi satu-satunya stadion yang memiliki lapangan lumayan bagus dari keempat stadion yang menggelar babak nasional Liga 3 ini. Kandang dari Persijap Jepara tersebut, mempunyai kualitas rumput yang cukup rata. Apalagi, homebase Persijap dengan kapasitas 25.000 penonton itu pernah merasakan kompetisi ISL beberapa musim silam. Juga di musim ini, Persijap hampir seluruh laga kandangnya menggunakan Gelora Bumi Kartini di Liga 2.

Tetapi, bila melihat tahun 2016 kemarin saat Gelora Bumi Kartini dipakai laga semifinal dan final kompetisi ISC B 2016, apalagi waktu hujan. Kondisi drainase lapangan bisa dibilang buruk, karena resapan air sangat lambat dan menggenang di beberapa sisi lapangan.

Bola Sulit : Pemain PSS (hijau) susah menguasai bola di lapangan Gelora Bumi Kartini [foto : GTS]
Stadion Kebondalem Kendal :
Stadion Kebondalem Kendal sendiri adalah homebase dari skuad Persik Kendal yang berstatus sebagai juara Liga 3 regional Jawa Tengah. Di Final mereka mengalahkan Persis Gotong Royong dan berhak atas tiket lolos otomatis ke babak nasional.

Selain Persik Kendal, PSIS Semarang musim ini juga pernah menggunakan stadion berkapasitas 20.000 penonton tersebut untuk laga perdana babak 16 besar Liga 2 lalu saat melawan PSMS Medan, dikarenakan stadion Jatidiri homebase PSIS masih renovasi penambahan tribun.
Faktor lapangan masih menjadi sorotan untuk stadion Kebondalem. Lapangan yang tak rata, menyulitkan pemain untuk memainkan bola-bola pendek dan build up dari belakang ke depan.

Gersang : Rumput Stadion Kebondalem Kendal [foto : BeritaSemarang.Net]

Duel pemain PSIS (biru) dan PSMS (hijau) di stadion Kebondalem [foto : Jateng Tribunnews]
Stadion Wergu Wetan Kudus :
Satu lagi stadion yang menjadi venue babak nasional, yakni stadion Wergu Wetan Kudus. Stadion yang menjadi homebase dari tim kebanggaan masyarakata kudus, Persiku Kudus tersebut musim ini digunakan untuk menggelar laga-laga kandang Persiku di Liga 3 regional Jawa Tengah. Sayang, langkah Persiku terhenti dan tak lolos ke babak nasional.

Stadion yang memiliki kapasitas 10.000 penonton tersebut sejatinya mempunyai rumput yang cukup tebal. Namun, kendalanya saat musim hujan seperti sekarang, penyerapan lapangan masih cukup buruk untuk meresap air hujan agar tak cepat menggenang.

Lapangan Wergu Wetan Kudus [foto : Ceritabola.id]

Persiku Kudus saat bermain di Wergu Wetan [foto : Murianews.com]

Empat stadion yang bakal dipakai dalam babak play off dan babak nasional tersebut, harus siap menampung semua pertandingan dalam jadwal yang padat. Apalagi stadion yang rata-rata mempunyai faktor lapangan yang tak rata, gersang sampai drainase buruk bisa-bisa digunakan dua hari sekali. Belum lagi tim yang berlatih uji lapangan sebelum pertandingan.

Pihak PSSI selaku penyelenggara harus memperhatikan benar kondisi lapangan layak atau tidaknya, apalagi dalam pertandingan puncak seperti semifinal dan final dengan suguhan permainan menarik, namun sayang tak didukung dengan kondisi lapangan. (bid)

0 komentar:

Posting Komentar