Kamis, 02 November 2017

Uji Coba dan Latihan Tertutup Sangatlah Penting


DELTACYBER - Persiapan tim menjelang fase-fase krusial macam kompetisi yang sangat ketat serta sengit dan pertandingan menentukan, membuat beberapa tim mempersiapkan tim dengan matang. Persiapan taktikal, teknik, fisik semua pun harus dilakoni para pemain apa  yang menjadi arahan dari jajaran tim pelatih.

Uji coba tertutup dan latihan tertutup dari penonton ataupun media menjadi salah satu opsi untuk mempersiapkan tim dengan matang. Uji coba tertutup digelar salah satu poin utamanya yakni untuk mengantisipasi mata-mata dari pihak lawan untuk mengetahui kelemahan, strategi tim, serta pemain kunci yang dimainkan calon lawannya tersebut. Dengan kata lain, tim ingin menyembunyikan kekuatannya dari pihak lawan.

Semisal contoh persiapan Tim Nasional Indonesia U-22 dibawah asuhan coach Luis Milla kala mereka melakukan TC di Bali pada bulan juni hingga juli lalu. Luis Milla menginginkan uji coba tertutup pasalnya, ia mendengarkan kabar bahwa calon lawannya Malaysia dan Thailand mengirim utusan untuk memantau persiapan ujicoba Timnas Indonesia.

Milla tak ingin calon lawannya dengan mudah membaca peta kekuatan timnya dan ingin fokus membentuk serta mematangkan persiapan akhir tim, tahap finalisasi sebelum terjun ke Kualifikasi Piala Asia U23 Tahun 2018 lalu.

Bila kita menengok ke tim-tim elit eropa. Di klub papan atas eropa bahkan dengan tegas menggelar latihan tertutup atau uji coba tertutup. Jose Mourinho pun kerap melakukannya kepada tim yang ia besut. Seperti pada Manchester United sebelum bentrok final liga Europa 2016/17 antara Ajax Amsterdam kontra Setan Merah yang digelar di Friends Arena, Swedia, pada 25 Mei lalu.

Mou sapaan akrab Jose Mourinho menginginkan media atau bahkan penonton sekalipun fansnya tak boleh meliput dan melihat Martial dkk latihan tahap akhir jelang pertandingan final. Mou hanya memperbolehkan para awak media mengambil video serta foto pada sesi pemanasan 30 menit awal, setelah itu pada sesi taktikal latihan tertutup untuk semua media dan penonton.

Uji coba dan latihan tertutup sangatlah penting. Menjaga strategi tim dan kekuatan tim agar tak dibaca dengan mudah oleh calon lawan menjadi poin utama dalam persiapan tim tersebut. (bid)

0 komentar:

Posting Komentar