Minggu, 17 Desember 2017

Belum Pasti Liga 4

Tak ingin kalah : Wimba Sutan (hijau) berebut bola dengan pemain Persbit Bitung di babak nasional lalu. [foto : M.Ainul]

DELTACYBER - Kompetisi Liga indonesia musim depan bakal mengalami banyak perubahan. Wacana sebelumnya, ketua PSSI Edy Rahmayadi menyatakan akan ada empat kasta sepakbola indonesia. Hal itu disampaikan Edy saat managers meeting klub Liga 2 beberapa bulan yang lalu (30/3/2017). Yakni Liga 1, Liga 2, Liga 3, dan yang paling bawah Liga 4.

Liga 1 sendiri adalah kasta tertinggi, Liga 2 kasta kedua diisi tim-tim yang bertahan di Liga 2 musim ini ditambah 3 klub degradasi dari Liga 1 serta 3 klub promosi dari Liga 3 musim ini total ada 24 tim, sedangkan Liga 3 musim depan berisikan tim terdegradasi dari Liga 2 musim ini sekitar ada 40 klub yang degradasi. Sedangkan Liga 4 musim depan adalah tim dari Liga Nusantara atau Liga 3 musim ini yang tidak bisa promosi ke Liga 2.

Namun, semua format kompetisi tersebut kini belum dipastikan benar-benar fix dan bisa saja mengalami perubahan. Keputusan tersebut diputuskan pada agenda kongres PSSI awal tahun 2018 besok, 13 Januari 2018 di Jakarta.

Pasalnya, wacana perubahan untuk kompetisi Liga 4 mendapat banyak penolakan. Ketua komisi wasit Asprov Jawa Timur, Cholid Abubakar menyatakan keberatan dengan adanya Liga 4. Menurutnya lebih baik dengan ada 3 kasta kompetisi saja, Liga 3 langsung dibawah naungan Asprov masing-masing.

"Kita yang paling banyak dirugikan. Klub-klub dari Jawa Timur paling banyak, karena itu kemarin saya minta kompetisi Liga Indonesia tetap Liga 1,2, dan 3. Sedangkan kasta paling bawah diatur untuk Liga pembinaan saja," ujarnya, seperti dilansir dari radar banyuwangi.

Senada dengan Cholid Abubakar, CEO Persibo Bojonegoro Abudllah Umar juga sangat keberatan apabila tim-tim Liga 3 musim ini tahun depan harus berlaga lagi dari Liga 4.

"Semua keputusan akan disahkan dalam kongres tahunan PSSI. Tim yang sudah lolos ke 32 besar nasional mendapat hak suara di kongres, otomatis kami Persibo berhak menyampaikan kritik, saran dan pendapat untuk regulasi," ujarnya.

Abudllah Umar berharap tim yang sudah masuk dalam babak nasional 32 besar akan tetap bertahan di Liga 3 musim depan, karena sudah berjuang lolos dari Liga 3 regional masing-masing Provinsi. Atau tim yang lolos hingga babak 16 besar yang bertahan di Liga 3.

Tim Deltras Sidoarjo sendiri masuk dalam babak 32 besar babak nasional Liga 3, The Lobster berhasil lolos dari fase grup D dan lolos sampai ke babak 16 besar. Sayang, langkahnya terhenti di babak 16 besar setelah kalah dari tuan rumah Persik Kendal. (*)

0 komentar:

Posting Komentar