Selasa, 02 Januari 2018

Kaleidoskop Deltras Sidoarjo di Tahun 2017


DELTACYBER - Delta Putra Sidoarjo memang belum bisa meraih prestasi terbaik musim ini di Liga 3 2017. Tekat untuk promosi ke Liga 2 pupus, setelah langkah The Lobster terhenti di babak nasional 16 besar fase knock out. Dari total 22 pertandingan dilakoni Deltras di Liga 3 dari regional Jaw Timur sampai babak nasional, bila dilihat dari jumlah kemenangan yang meraih 14 kali, seri 4 kali dan kalah 4. Sebenarnya performa skuad Deltras patut diapresiasi. Tetapi, hasil yang tak diharapkan itu terjadi. Kali ini redaksi Deltacyber mengulas perjalanan tim dari awal kompetisi sampai babak nasional.

Toss : Skuad Deltras sebelum memulai pertandingan vs Cahaya Muda [foto : Facry Amsyahri]
FASE GRUP LIGA 3 KAPAL API PSSI JAWA TIMUR 2017
GRUP C
Laga Perdana vs Cahaya Muda (10/5) = Tergabung di grup C, Deltras menjadi tim yang diunggulkan untuk lolos dari fase grup. Pertandingan perdana The Lobster di Liga 3 regional Jawa Timur, menjamu tamunya dari Madura, Cahaya Muda di stadion Gelora Delta Sidoarjo. Menurunkan kekuatan penuh, lima pemain senior menjadi starter semua Papang Nur Jaman kiper, Achmad Setiawan, Sutrisno Hardi, Zainal Abidin dan sang kapten Wimba Sutan Fanosa. Deltras berhasil menang 2-0. Dua gol Deltras dicetak Aisy Budi  menit ke-14 dan Wimba Sutan di menit ke-52 melalui titik putih.

Selebrasi Bersama : Sutrisno (paling depan) usai mencetak gol ke Gawang PS. Kopa [foto : Facry Amsyahri]
Laga Ketiga vs PS. Kota Pahlawan (17/5) = Matchday ketiga, Deltras kembali bermain di kandang setelah di laga kedua melawan Bojonegoro FC () away berhasil menang 0-3. Melawan PS. Kota Pahlawan yang notabennya tim asal Surabaya juga tim amatir dari Persebaya, Deltras mampu menekuk dengan skor cukup telak 4-1. Dua gol Sutrisno Hardi dan Wimba Sutan membawa Deltras memuncaki klasemen grup C. Di akhir putaran pertama grup C, Deltras berhasil menyapu bersih 6 laga dengan tren kemenangan mengumpulkan 18 poin. Di putaran kedua,

Wimba Sutan (kanan) sebelum melawan PS. Kopa di Karanggayam [foto : M.Ainul]
Laga Kesembilan vs PS. Kota Pahlawan (9/8) = Pertandingan kesembilan Deltras, kali ini harus away ke lapangan Karanggayam, Surabaya melawan tuan rumah PS. Kota Pahlawan. Setelah dua laga sebelumnya di putaran kedua menghadapi Cahaya Muda away dan Bojonegoro FC home, Zainal Abidin cs masih meraih 3 poin. Di kandang PS. Kota Pahlawan, Deltras harus puas pulang ke Sidoarjo dengan meraih hasil imbang 0-0. Untuk pertama kalinya Deltras tak bisa menang di fase grup C setelah 8 kali kemenangan beruntun dan juga pertama kalinya Deltras tak mampu mencetak gol.

Cetak 5 Gol : Rezky Renaldy [foto : M.Ainul]
Laga Kedua belas vs Pamekasan FC (23/8) = Pertandingan terakhir fase grup C. Deltras sudah dipastikan menjadi juara grup C dan tak bisa dikejar oleh para pesaingnya. Laga terakhir harus menjamu Pamekasan FC. Bermain di publik Deltamania, The Lobster bermain garang. Tiga laga sebelumnya Deltras mengejutkan dengan hanya meraih 3 poin dari 3 kali imbang. Pamekasan FC akhirnya menjadi lumbung gol Deltras, dengan Rezky Renaldy bintangnya ia mencetak 5 gol ditambah satu gol dari kaki Rifky Sholekhuddin.

Kalah dari Persid Jember di babak 12 besar [foto : M.Ainul]
Susah : Sutrisno (kiri) mencoba melewati hadangan bek Pspk [foto : Agung Alfian]
BABAK 12 BESAR
LIGA 3 KAPAL API PSSI JAWA TIMUR 2017
GRUP G
Di babak 12 besar, Deltras tergabung di grup G dengan dua tim lainnya yakni Persid Jember dan Pspk Pasuruan. Laga perdana Deltras harus away ke Jember (3/9). Persid Jember berstatus sebagai juara di fase grup A menjadi lawan yang cukup berat. Buktinya, Persid mampu mengandaskan perlawanan Deltras dengan skor 2-0. Hasil itu, menjadi kekalahan perdana Deltras di Liga 3 musim 2017. Pertandingan kedua tim asuhan Harmadi melawan Pspk Pasuruan di Gelora Delta (6/9), gol semata wayang Levi Fahmi membawa Deltras mengamankan tiga poin. Di laga lain keesokan harinya (10/9) Pspk berhasil menang 2-1 atas Persid Jember di Pasuruan. Ini yang menjadikan jalan Deltras terbuka untuk lolos pasalnya di putaran pertama fase grup, ketiga tim sama-sama meraih 3 poin semua. Putaran kedua Deltras akhirnya berhasil membalas kekalahan atas Persid dengan skor tipis 1-0 di Sidoarjo (13/9). 6 poin didapat Deltras. Laga terakhir Deltras melawan Pspk di Pasuruan (17/9) berakhir dengan skor imbang 0-0. Deltras sudah dipastikan lolos sebagai juara grup, pasalnya laga terakhir Persid vs Pspk sudah tak lagi menentukan, dan berakhir dengan kemenangan Persid 1-0. Deltras lolos dengan 7 poin, Persid 6 poin, dan Pspk 3 poin.

Dibayangi : Ridwan Haci (depan) dijaga pemain Blitar United [foto : M.Ainul]
SEMIFINAL
LIGA 3 KAPAL API PSSI JAWA TIMUR 2017
Deltras Sidoarjo vs Blitar United (26/9) = Di semifinal Deltras sudah ditunggu Blitar United, setelah di babak 12 besar kedua tim sama-sama lolos. Deltras juara grup G dan Blitar United juara grup H. Laga semifinal digelar di stadion Brawijaya Kediri, kick off pukul 15.15 wib. Bermain dengan kekuatan penuh, Deltras sempat unggul dulu di menit ke-21 dari tendangan Ridwan Haci. Dua gol cepat Blitar United di menit ke-23 dan 27 membalikkan keadaan. Di babak kedua Deltras terus menggempur lini belakang Blitar, sayang disiplinnya pertahanan Blitar United mampu membendung serangan Deltras. Skor akhir 1-2 untuk kemenangan Blitar United.

Gol Pembuka : Zainal Abidin [foto : M.Ainul]
Juara 3 Liga 3 Jawa Timur [foto : M.Ainul]
PERINGKAT KETIGA
LIGA 3 KAPAL API PSSI JAWA TIMUR 2017
Deltras Sidoarjo vs Persekabpas Pasuruan (30/9) = Deltras kalah melawan Blitar United 1-2, dan Persekabpas kalah dari Persibo Bojonegoro 0-2 di partai semifinal. Kedua tim bertemu memperebutkan juara tiga regional Jawa Timur. Pasalnya, kala itu hanya 3 tiket yang diperebutkan 4 tim untuk dapat lolos ke babak nasional 32 besar. Namun, pada akhirnya terdapat perubahan keputusan keempati tim dapat melaju ke babak nasional yakni Persibo, Blitar United, Deltras dan Persekabpas. Di laga perebutan ketiga itu sendiri, The Lobster sukses membungkam Persekabpas dengan skor 2-0 dari dua gol yang dicetak Zainal Abidin dan Wimba Sutan Fanosa.

Zainal Abidin (depan) selebrasi usai cetak gol ke gawang Batang Anai FC [foto : M.Ainul]
Kalah dari Persitangsel 0-1 [foto : M.Ainul]
Berhasil membungkam Persbit Bitung 4-0 [foto : M.Ainul]
BABAK 32 BESAR NASIONAL
GRUP D
Setelah lolos dari regional Jawa Timur. Deltras tergabung di grup D babak 32 besar nasional, Deltras melaju otomatis ke babak nasional tanpa melalui fase play off. Deltras bersama Batang Anai FC (Sumatera Barat), Persbit Bitung (Sulawasi Utara) dan Persitangsel Tangerang Selatan (Banten). Laga perdana melawan Batang Anai FC (4/12) The Lobster berhasil mengakhiri pertandingan dengan kemenangan telak 4-0. Dua gol Wimba Sutan dan Zainal Abidin. Di laga kedua (6/9) versus Persitangsel, Deltras lengah. Kebobolan di menit awal menit ke-9 menjadi boomerang. Deltras harus menyerang 0-1.

Pertandingan ketiga menghadapi Persbit Bitung, 3 poin wajib diraih Deltras. Untuk bisa melanjutkan langkah ke babak selanjutnya. Kemenangan tersebut akhirnya diraih Zainal Abidin cs. Hatrick Wimba Sutan dan satu gol Akmal Fakhri 4-0 mengantar Deltras melaju ke fase knock out 16 besar.

Terhenti : Setiawan menangis usai kalah dari Persik Kendal [foto : M.Ainul]
BABAK 32 BESAR NASIONAL
FASE KNOCK OUT 16 BESAR
Di fase knock out 16 besar yang artinya bila kalah langsung gugur alias sudah tak bisa lagi melanjutkan langkah ke fase berikutnya. Lawan yang dihadapi Deltras yakni tuan rumah sendiri Persik Kendal sebagai runner-up grup C. Bermain di publik sendiri dihadapan suporter dan Bupati yang datang di pinggir lapangan menjadi keberuntungan dan dukungan tersendiri bagi Persik Kendal. Namun, The Lobster tetap fight dalam laga tersebut. 

Babak pertama, tuan rumah sudah unggul 3-0. Skor tersebut menjadi berat bagi Deltras di babak kedua, untuk mengejar defisit tiga gol. Akhirnya Deltras hanya mampu memperkecil kedudukan di injury time babak kedua melalui gol Imam Bandaniji. Skor 3-1 untuk kemenangan Persik Kendal.  Langkah The Lobster terhenti di babak 16 besar fase knock out dalam babak nasional. 

Dan itu lah kaleidoskop The Lobster di Liga 3 2017 kemarin. Dari awal pertandingan fase grup C Liga 3 Kapal Api Jawa Timur, babak 12 besar, laga semifinal, laga perebutan peringkat ketiga, babak nasional fase grup D, hingga fase knock out 16 besar. (bid)




0 komentar:

Posting Komentar