Tuesday, May 29, 2018

Gelora Delta Yang Rindu Kejayaan Garuda Muda

Masih Memikat : Stadion Gelora Delta [foto : Dimas Putra]

DELTACYBER– Kota Delta sebutan untuk kabupaten Sidoarjo, kota pendukung ibu kota provinsi Jawa Timur yakni Surabaya ini, patut berbangga mempunyai stadion sepakbola GDS (Gelora Delta Sidoarjo). Stadion yang berkapasitas 35.000 tersebut andil dari even PON di tahun 2000 silam. Stadion yang memiliki kualitas lapangan yang bagus itu menjadi markas tim lokal The Lobster julukan Deltras Sidoarjo yang tahun ini harus berlaga di kompetisi amatir, Liga 3 2018.

Gelora Delta, ya stadion ini punya cerita manis untuk sejarah sepakbola Indonesia teruntuk Timnas. Saksi bisu kala Indra Sjafri membawa Timnas U19 tahun 2013 silam menjadi Jawara di Gelora Delta Sidoarjo. Tahun ini, Sidoarjo ditunjuk kembali untuk menggelar Piala AFF usia dini. Dan Gelora Delta diharap mampu mengulang sejarah indah bagi Timnas Muda untuk meraih kampiun lagi.

Salah satu agenda besar PSSI tahun ini adalah gelaran piala AFF U-16 dan U-19. PSSI Jawa Timur ditunjuk sebagai tuan rumah untuk Piala AFF U-16. Piala AFF U-16 sendiri bakal dilangsungkan pada tanggal 26 Juli sampai awal 11 Agustus 2018. Dan untuk Piala AFF U-19 mulai tanggal 2-14 Juli mendatang. Dua stadion utama yang disiapkan untuk menggelar Piala AFF U-16 di Jatim ialah stadion Gelora Delta Sidoarjo dengan stadion kota tetangga Surabaya, stadion Gelora 10 November. Piala AFF U-16 ini dibagi menjadi 2 grup. Grup A antara Indonesia, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste dan Filipina akan berlaga di GDS. Sedangkan grup B yang bermain di stadion 10 November adalah Malaysia, Laos, Thailand, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Untuk Piala AFF U-19 dua venue stadion disiapkan Asprov Jatim. Yakni Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai tuan rumah grup A yang berisikan Timnas Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, Laos dan Filipina. Grup B bakal digelar di stadion Gelora Joko Samudro Gresik yang akan bertanding Malaysia, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Ahmad Riyadh, selaku ketua Asprov PSSI Jawa Timur mengatakan ia ingin gelaran Piala AFF di Jawa Timur nanti berjalan sukses dari awal hingga akhir. "Semoga Piala AFF di Jatim tahun ini berjalan sukses. Ini adalah sumbangsih PSSI Jatim untuk Indonesia", ujar Riyadh.

Amir Burhanudin sekretaris Asrpov PSSI Jatim membenarkan, bahwa PSSI pusat menunjuk Jawa Timur sebagai tuan rumah utama gelara Piala AFF U-19, dikarenakan stadion Pakansari Bogor yang semula menjadi venue utama, kini dikonsentrasikan untuk mensukseskan Asian Games.
“Kita mendapat pelimpahan dari PSSI pusat untuk menggelar semua pertandingan Piala AFF U-19. Tapi itu tergantung dari hasil verifikasi yang dilakukan PSSI pada dua stadion yang akan dijadikan venue pertandingan,”  ungkap Amir seperti dikutip dari pssijatim.com

Ingin Mengulang Kejayaan Timnas U19 di Piala AFF 2013
Terakhir kali Gelora Delta menggelar pertandingan Timnas Indonesia, pada tahun 2015 lalu. Saat ujicoba internasiola Timnas senior berhadapan dengan Kamerun (25/3/2015) yang berkesudahan dengan skor 0-1 kemenangan Kamerun. Dan, tentu pencinta sepakbola Indonesia masih ingat dan akan selalu mengingat momen indah saat Evan Dimas, Ilhamudin, Sahrul Kurniawan, Putu Gede dkk mengangkat piala AFF U-19 pada tahun 2013 silam di Gelora Delta. Dahaga gelar setelah kali terakhir hadir 1991 silam memori Sea Games. Dan, meskipun di Piala AFF U-19, para punggawa muda kita mampu membuktikan meraih kampiun di rumah sendiri. 

Juara : Timnas U19 Saat Angkat Gelar Piala AFF U19 Tahun 2013 Silam

Teriakan juara, tangis kemenangan, dan luapan emosi bahagia para supporter dengan nyalanya flare, riuh rendah tepuk tangan menjadi satu di Gelora Delta malam itu, 22 September 2013. Saat tendangan terakhir Ilhamudin berhasil menyudahi perlawanan Vietnam di drama adu pianalti dengan skor 7-6. Gelora Delta yang tak menyisakan satu bangku kosongpun saat itu, tiket yang sold out, dibayar puas dan sangat bersyukur atas genggaman trofi piala AFF di tangan para Garuda Jaya asuhan Indra Sjafri. 

Kekurangan Gelora Delta
Stadion yang terletak di jantung kota Sidoarjo ini, bukan tanpa kekurangan. Seperti masalah klasik dari dulu hingga sekarang yang belum terealisasi adalah, papan skor stadion yang masih manual dengan papan belum diganti dengan elektronik masih jadi salah satu sorotan utama. Disaat stadion-stadion tetangga sudah memasang papan skor elektronik. Stadion sekelas GDS malah belum beranjak dari papan manual. Kekurangan lainnya di sisi tribun. Belum adanya tribun khusus Media. Even sekelas turnamen internasional, harusnya menyediakan tribun untuk para awak media. Juga single seat di tribun VIP yang berjumlah 800 tempat duduk. Hasil inpeksi pihak AFC pada tahun 2015 silam, jumlah single seat GDS sudah oke, namun perlu ditambah lagi. Di bagian ruang ganti, Gelora Delta juga mendapat perhatian khusus. Locker Room GDS wajib direnovasi ulang untuk, lemari jersey para pemain dan toilet yang harus lebih diperbagus lagi.

Belum Elektronik : Papan Skor stadion Gelora Delta Sidoarjo
Disisi lain, kelebihan Gelora Delta sudah banyak. Seperti rumput lapangan yang cukup bagus. Sejak direnovasi pada tahun 2011 silam dan hingga sekarang, kualitas lapangan GDS bisa dibilang menjadi kualitas papan atas stadion yang ada di Indonesia. Pasalnya, sudah beberapa kali saat Deltras berlaga dengan guyuran hujan deras 2 jam sekalipun, lapangan GDS tidak banjir. Drainase serta perawatan yang sangat baik. 

Antusias Bukan Hanya Dari Sidoarjo Saja, Tetapi Masyarakat Jawa Timur
Timnas usia berapapun yang bertanding di Gelora Delta, meskipun timnas junior atau senior. Antusias supporter Sidoarjo dan sekitarnya selalu ramai ingin mendukung langsung pasukan garuda berlaga. Apalagi, Deltamania supporter tuan rumah juga welcome dengan supporter manapun yang ingin berkunjung ke Sidoarjo. Kota sekitar Sidoarjo pun, juga memiliki basis supporter yang cukup besar. Bisa dilihat seperti Surabaya dengan Boneknya, Lamongan ada L.A Mania dan Curva Boys, Gresik dengan Ultras Mania, Mojokerto dengan MP Mania dan Loyalis 01, dan Malang dengan Aremanianya.  Bersatunya dukungan mereka bisa menjadi kekuatan tersendiri di tribun supporter untuk mendukung Timnas muda sekaligus meneror mental pemain lawan.

Berkibar : Bendera Besar Indonesia Dikibarkan Suporter di Tribun Timur GDS

Terror : Spanduk Ganyang Upin Ipin Saat Indonesia vs Malaysa
Aura stadion Gelora Delta, atmosfer dukungan supporter Jawa Timur menjadikan power Garuda Muda saat berlaga di GDS. Gelora Delta saksi bisu Evan Dimas mengangkat Piala AFF 2013 lalu, rasanya ingin menjadi sejarah manis lagi untuk Timnas U-19 di Piala AFF U-19 mendatang di Sidoarjo. Rasanya momen manis Evan Dimas dkk ingin diulang oleh pasukan muda Indra Sjafri tahun ini. Gelora Delta menawarkan sejarah manis kampiun 2013 terulang kembali di Piala AFF U-19 tahun ini juga menular ke Piala AFF U-16.

Tulisan - Muchammad Ainul Budi

0 komentar:

Post a Comment