Sunday, July 8, 2018

Indonesia Amankan Tiket Semifinal Usai Menang Tipis Atas Vietnam

Salam Kepada Penonton : Para Pemain Timnas U19 Memberi Salam Kepada Suporter [foto : Facry Amsyahri]

Kerja keras Indonesia di laga tadi malam (7/7) akhirnya berbuah manis sejauh ini. Satu tiket ke laga semifinal diamankan Witan Sulaiman dkk. Garuda Nusantara berhasil menang susah payah atas Vietnam 1-0 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo dalam lanjutan babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19.
Bermain terbuka kedua tim saling berbalas serangan, Indonesia dibuat deg-degkan hingga menit ke-81.

Gol semata wayang M. Rafli Mursalim menit-81 menggetarkan Gelora Delta yang dipadati ribuan penonton yang hadir. Tim tamu Vietnam justru tak gentar dengan teror suporter tuan rumah. Justru di 10 menit awal Vietnam beberapa kali mengancam gawang Indonesia serta melakukan pressing ketat.

Indonesia baru mendapat peluang di menit ke-15 melalui tendangan luar kotak pinalti kaki kiri Witan Sulaiman. Sayang, tendangannya masih diatas gawang Vietnam yang dijaga kiper Ye Li Nie. Vietnam bukan tanpa peluang emas, menit ke-27 gelandangnya Le Van Nam berhasil lolos dari kawalan bek lawan dan melepaskan tendangan. Kesigapan kiper Indonesia M. Riyandi membuat gawangnya masih aman. Babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Di awal babak kedua Indra Sjafri head coach Indonesia langsung memasukan Todd Rivaldo menggantikan Lutfi Kamal, juga di menit ke-65 M. Rafli Mursalim masuk menggantikan Feby Eka yang mengalami cedera setelah beberapa kali benturan dengan lawan.

Baru menit ke-81 kebuntuan itu pecah. Bermula penetrasi Todd Rivaldo yang mengecoh bek lawan serta berhasil melepaskan tendangan membentur tiang gawang. Bola muntah akhirnya disambar Rafli Mursalim yang berdiri bebas. Indonesai unggul 1-0. Sepuluh menit tersisa Vietnam keluar menyerang dan mendapat beberapa peluang berbahaya. Namun, keunggulan tipis di laga kali ini berpihak kepada Indonesia.

Usai laga, Indra Sjafri mengaku sangat lega dengan kemenangan kali ini. Pasalnya, timnya sudah dipastikan menggenggam tiket semifinal. Empat laga dengan poin 12 Indonesia setidaknya mengamankan posisi runner-up Grup A.

"Pertama ini pertandingan yang saya pikir sangat penting untuk kami. Hasil tadi alhamdulilah membuat kami sedikit tidur nyenyak malam ini karena otomatis kami berada di semifinal." ujarnya di ruangan konferensi pers.

Sementara di kubu Vietnam, pelatih kepala mereka Hoang Anh Tuan mengakui timnya kalah di laga malam tadi.  "Kami sudah bermain maksimal. Dan Indonesia memang memiliki tim yang bagus. Selamat untuk Indonesia atas kemenangannya." ungkapnya.

Di laga terakhir Grup A Indonesia bakal meladeni Thailand besok senin malam (9/7). Sementara Vietnam akan meladeni Singapura sore harinya. Laga tersebut menentukan bagi Vietnam dan Thailand yang sama-sama masih berpeluang lolos ke Semifinal. (m.ainul budi)

0 komentar:

Post a Comment