Monday, July 9, 2018

Pressing Ketat Thailand Buat Indonesia Banyak Lakukan Kesalahan Sendiri

Selalu dijaga : Todd Rivaldo (tengah/merah) mencoba melewati pemain Thailand [foto : Facry Amsyahri]

Indonesia harus dipaksa menyerah dengan skor tipis 1-2 (0-1) di matchday kelima Grup A Piala AFF U19 kemarin senin malam (9/7) atas Thailand. Gol Thailand yang dicetak di menit ke-40 oleh Nattawut Chootiwat serta menit-51 dari Matee Sarakum, hanya berbalas satu gol Indonesia menit-85 melalui Rifad Marasabesssy.

Klasemen akhir Grup A Thailand menjadi pemuncak klasemen dengan raihan 13 poin, dan Indonesia berada di bawahnya meraih 12 poin. Keduanya sama-sama melaju ke babak semifinal nanti.

Permainan disiplin di semua lini Gajah Putih julukan tim Nasional Thailand kemarin, juga menerapkan pressing ketat di babak pertama membuat permainan Indonesia tidak berkembang. Apalagi, Saddil Ramdani dkk juga banyak melakukan kesalahan mendasar yang membuat mereka tak mampu mengembangkan permainannya.

Pelatih Kepala Indonesia, Indra Sjafri mengakui pressing yang ketat terhadap pemainnya apabila sudah masuk setengah lapangan area Thailand sudah membuat pemainnya kebingungan untuk menyusun serangan. Ini yang menjadi problem di babak pertama.

"Memang pressure dari Thailand sendiri bagus. Karena mereka ingin menang untuk lolos ke semifinal. Dan build-up kami dibikin kurang nyaman oleh mereka, itu yang membuat kami banyak melakukan kesalahan." katanya.

Di awal babak kedua pun, Indonesia belum bisa menemukan permainan mereka sesungguhnya. Bahkan, Nurhidayat cs harus kecolongan gol di menit-51. Indonesia baru berani keluar menyerang di 10 menit akhir laga, beberapa kali kerja sama M. Rafli Mursalim, Witan Sulaiman, Saddil Ramdani mulai membahayakan gawang Thailand yang dijaga Nopphon Lakhonphon. Hasilnya Garuda Nusantara mampu memperkecil kedudukan 1-2 melalui gol Rifad Marasabessy menit-85.

Saddil Ramdani yang mendampingi Indra Sjafri di ruangan konferensi pers usai pertandingan. Berterima kasih banyak atas dukungan masyarakat Indonesia kepada timnya. Ia dan rekan-rekannya bakal mengevaluasi kekalahan pertama di Piala AFF U19 ini atas Thailand kemarin.

"Di pertandingan tadi (kemarin), saya harap menjadi pembelajaran bagi kami para pemain. Semoga di laga selanjutnya kami lebih fokus lagi." ungkap Saddil. (ainul budi)

0 komentar:

Post a Comment