Monday, December 31, 2018

Mantan Manajer Deltras Menyerahkan Diri ke Kejari Sidoarjo

Ditahan : Vigit Waluyo, akan mendekam di hotel prodeo selama 1,5 tahun

DELTACYBER - Terakhir kali nama Vigit Waluyo (VW) menjadi bagian penting dalam manajemen tim The Lobster julukan Deltras Sidoarjo, yakni saat menangani tim di musim 2010. Dalam kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2010, The Lobster menjadi tim kuda hitam dengan status tim promosi dari Divisi Utama 2009 kala itu.

  Tetapi, selepas itu, VW seakan sudah lepas dari cawe-cawe ngurusi Deltras. VW memang dikenal sebagai manajer tim bola di Indonesia. Sepak terjangnya sudah lama melintang di Liga Indonesia. Namun, di ISL 2010 itu juga, VW terjerat kasus.

  VW terjerat kasus korupsi yang melibatkan Dirut PDAM Sidoarjo kala itu, Djayadi. Saat itu, PDAM Sidoarjo mencairkan dana kepada Deltras sebesar Rp 3 M. Padahal, seharusnya dana tersebut tidak boleh dicairkan PDAM, karena itu bukan kewenangannya.

  Pencairan dana tersebut dilakukan secara bertahap.Yakni pada tanggal 16, 18 dan 19 bulan Agustus 2010. Meski sudah dilarang dewan pengawas, Djayadi akhirnya tetap mencairkan dana tersebut dengan status dana pinjaman kepada VW untuk Deltras.

  Djayadi sendiri sudah dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo dan dijeploskan ke hotel prodeo. Djayadi divonis 1,8 tahun sejak awal tahun 2017 lalu. Informasi yang dihimpun redaksi Deltacyber, Djayadi sudah keluar tahanan pada bulan puasa tahun 2018 lalu. Sementara VW, saat itu masih berstatus buronan Kejari Sidoarjo, masuk dalam list Daftar Pencarian Orang (DPO).

  VW sebenarnya sempat dinyatakan bebas. Dalam proses banding di Pengadilan Tinggi (PT). Namun, pihak penuntut umum masih mengajukan kasasi. Akhirnya vonis dari Mahkamah Agung (MA), VW dijatuhi hukuma selama 1,5 tahun. Salinan putusan MA diterima Kejari Sidoarjo pada Juni 2017 lalu.

  Sempat buron cukup lama. Juga akhir-akhir ini nama VW disebut-sebut terlibat dalam pengaturan skor dan sebagai mafia. Dalam acara talk show di sebuah stasiun televisi swasta. Nama VW menjadi trending topik, bagi seluruh pencinta si kulit bunda dalam negeri.

  Namun, akhirnya VW menyerahkan diri ke Kejari Sidoarjo. VW didampingi keluarganya menyerahkan diri pada tanggal 28 Desember kemarin.

"Vigit datang dengan diantar keluarganya. Dia menyerahkan diri Jumat malam lalu. Sekarang sudah kami tahan di Lapas Delta, " kata Budi Handaka, Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo. (bud)
 





0 komentar:

Post a Comment