GELORA DELTA SIDOARJO


STADION GELORA DELTA SIDOARJO

Kota : Sidoarjo, Jawa Timur
Dibangun : (selesai tahun 2000)
Kandang : Deltras Sidoarjo (Liga 3)
Kapasitas : 35.000 Penonton
Tipe Stadion : Stadion Madya (Olimpiq)
Kategori : B+

Event Besar - PON XV 2000 Jawa Timur
Big Match - Final Copa Indonesia 2006 (Arema vs Persipura 2-0)
Piala AFF U-19 2013
Semifinal & Final Divisi Utama 2014
Semifinal &Final Piala Suratin 2014

Sejarah Singkat :
Dengan berhasilnya pembangunan di berbagai bidang yang dilaksanakan oleh Pemda Tingkat II Sidoarjo, disisi lain tuntutan terhadap pelayanan kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Salah satu bidang yang mendapat perhatian khusus Pemerintah Dati II Sidoarjo adalah bidang olah raga, dalam upaya pembinaan olah raga tersebut dibangunlah stadion utama yang terletak di kutub barat dalam kawasan Center Point, dengan segala fasilitas penunjangnya, disisi lain diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atua PAD. 

"GELORA DELTA" SIDOARJO

Daerah Kabupaten Sidoarjo yang dikenal dengan nama "DELTA" yaitu suatu daerah yang dikelilingi Sungai Berantas dan laut. Nama yang melegenda di masyarakat Sidoarjo, menjadi usulan unggulan pada lomba "Nama Stadion Utama Sidoarjo" yang diselenggarakan atas kerjasama Pemda Tingkat II Sidoarjo dengan harian Jawa Pos. Dari 279 usulan oleh masyarakat yang datang dari berbagai Propinsi, usulan "GELORA DELTA" diajukan oleh 16 orang yang pada akhirnya terpilih menjadi nama resmi Stadion Sidoarjo "GELORA DELTA" sesuai dengan Keputusan Bupati KDH. Tingkat II Sidoarjo Nomor 110 Tahun 1998. 

PERESMIAN

  Stadion GELORA DELTA yang diharapkan akan dipergunakan untuk pembukaan dan penutupan PON XV Tahun 2000, pada hari Rabu tanggal 9 September 1998 bertepatan dengan HAORNAS XV Tahun 1998,telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu Bapak Prof. Dr. Ingg. Bacharuddin Jusuf Habibie. Dan telah dilakukan renovasi terhadap Architecture Performance dan Kualitas Fasilitas yang diharapkan siap dipergunakan untuk penyelenggaraan PON XV Tahun 2000.

Stadion Gelora Delta merupakan salah satu stadion di Indonesia yang memiliki lintasan atletik. Terletak di jantung Kota Sidoarjo dengan kapasitas 35.000 penonton, Gelora Delta ini di bangun untuk penyelengaraan PON XV 2000 Jawa Timur dan setelah event tersebut didepan stadion dibangun museum PON Jawa Timur. Sekarang stadion ini digunakan sebagai kandang klub Deltras Sidoarjo.

Kondisi Sekarang
Tribun : B
Tempat duduk : B
Fasilitas : B
Rumput : B+
Drainase :B+
Penerangan : B
Papan Skor : C+
Kondisi : B
Animo penonton (Delta Mania) datang ke stadion menyaksikan pertandingan tuan rumah Deltras Sidoarjo cukup bagus rata-rata 70% kapasitas stadion.

Galeri Photo :